Bali – ketika mendengar kata tersebut, pikiran Anda pasti langsung tertuju ke jejeran pantai eksotik dengan pasir putih atau coklat yang selalu dipenuhi dengan para turis. Tidak hanya sebagai salah satu destinasi wisata lokal, Indonesia, Bali disebut-sebut telah menjadi salah satu tempat terfavorit bagi turis mancanegara. Berderet nama film kelas internasional, seperti Eat, Pray, Love, telah membawa cerita keindahan pulau ini hingga ke telinga pesohor Hollywood. Paris Hilton menjadi satu dari sekian nama yang memamerkan fotonya di tengah hijaunya pedesaan Bali melalui akun jejaring sosialnya.
Terlepas dari banyaknya pilihan destinasi wisata di pulau dewata ini, satu hal yang terkadang terlupa adalah keberadaan pasar traditional yang menjual produk khas Bali. Tentu memasang foto di akun Facebook atau Twitter Anda cukup untuk menunjukkan pada rekan Anda, bahwa Anda baru saja menikmati hari yang menyenangkan di Pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Sanur, dsb. Tetapi, tentu memori ini akan hilang dalam sekejap, jika tidak ada barang khas yang Anda berikan pada rekan sebagai cendera mata. Dengan begini, rekan Anda akan dapat melihat keindahan Bali langsung melalui produk-produk khas yang dihasilkan oleh para seniman pulau dewata ini.
Lalu, apa saja produk-produk yang tergolong khas di Bali? Mari kita simak beberapa di antaranya. Produk khas pertama yang wajib Anda miliki adalah kaos barong. Barong adalah sebuah karakter yang tersohor dalam metologi Bali. Dan wajah Barong banyak menghiasi pernak pernik Bali terutama kaos. Bukan sembarang kaos, banyak produsen kaos memberikan sentuhan lukisan pada kaos Barong mereka. Hasilnya, bukan hanya fungsional, tetapi kaos ini pun memiliki nilai artistik.
Selanjutnya, apakah pernah Anda bayangkan menggunakan tulang ikan sebagai aksesoris yang melekat pada tubuh Anda? Sekarang, saatnya Anda mencoba sandal tulang ikan khas Bali. Anda tidak akan pernah mendapatkan sebuah sandal dengan warna pucat tulang dan aroma yang amis, karena sandal ini malahan terlihat sangat berwarna dengan sentuhan warna-warna favorit seperti merah, hitam, dan coklat. Desainnya telah dibuat sedemikian rupa agar tetap cocok untuk pakaian mewah Anda yang baru saja dibeli dari butik busana wanita. Tidak akan ada yang menyangka sandal cantik ini terbuat dari tulang ikan.
Sepatu bordir menjadi produk tidak biasa yang ditawarkan pasar produk Bali. Jika selama ini Anda hanya mengenal teknik bordir yang diaplikasikan pada selembar kain atau busana Anda, di Bali Anda akan mendapatkan sepatu dengan bordiran yang tidak kalah menarik. Tanpa menghilangkan kesan tradisionalnya, sepatu-sepatu ini dibuat dengan ornament-ornamen sederhana yang didominasi warna-warna kalem seperti hitam, abu-abu, putih, marun, dan hijau, Sungguh menggambarkan paduan warna alam bumi pertiwi di Bali.
Tentu tidak puas rasanya jika tidak memiliki produk khas Bali yang dapat dipajang di salah satu sudut rumah Anda, untuk itu silahkan bawa pulang beberapa patung dewa dewi mini yang dilengkapi dengan lampu (enlightened statue). Tempatkan patung ini pada sudut yang minim pencahayaan, dan Anda akan melihat indahnya patung dewa dewi ini tanpa mengurangi kesakralan figure yang dibawanya.

Ada beberapa tempat di Bali yang menawarkan produk-produk di atas. Hanya saja, belum tentu Anda dapat membawa barang-barang tersebut ke rumah dengan harga yang masuk akal. Banyak pedagang menaikan harga saat musim liburan datang. Akan lebih menguntungkan, jika Anda membelinya di Toko Online Produk Khas Bali yang berbasis di Bali seperti Tokongetop.com. Dijamin top barangnya, top kualitasnya, dan top harganya.